5 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa
Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

Saat menjalankan puasa, asupan cairan tubuh akan berkurang dan mengalami dehidrasi, dimana dehidrasi merupakan hal yang wajar karena kurangnya asupan cairan ke tubuh. Sehingga secara otomatis tubuh mampu menyerap kelembapan kulit untuk memenuhi cairan tubuh.

Kondisi ini yang akhirnya membuat kulit wajah maupun tubuh akan mengakibatkan kulit menjadi kering.

Untuk itu, kamu perlu melakukan beberapa cara agar nutrisi kulit tetap terjaga kelembapannya tanpa mengalami kulit kering dan kusam saat puasa.  

Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

Kamu dapat mencoba 5 cara berikut untuk menjaga kelembapan kulit saat berpuasa hingga kulit terhindar dari kulit kering maupun kusam.

1. Minum Air Putih

Selama puasa, jangan sampai kamu kekurangan cairan, karena kunci utama agar kulit tetap lembab seharian adalah banyak minum air saat sahur dan berbuka puasa agar kulit tetap terhidrasi.

Selain itu juga penting untuk memilih makanan yang berbasis air, seperti sup dan buah-buahan.

Tips minum air putih saat puasa yang bisa kamu coba sebagai berikut:
  • Minum air putih yang cukup
  • Satu gelas setelah berbuka
  • Satu gelas air setelah shalat maghrib
  • Satu gelas setelah makan buka
  • Satu gelas setelah sholat isya
  • Satu gelas setelah tarawih, 
  • Satu gelas sebelum tidur
  • Satu gelas sebelum sahur dan,
  • Satu gelas setelah sahur namun sebelum waktu imsak ya.

2. Konsumsi Makanan Antioksidan

Dengan konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan merupakan salah satu cara yang sederhana dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk saat berpuasa.

Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan begitu penting agar tetap dapat menjaga kelembapan kulit saat berpuasa.

Karena antioksidan memiliki fungsi utama yakni melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas yang dapat berpotensi menimbulkan beragam penyakit.

Maka dari itu, sangat disarankan bagi kita saat berpuasa untuk meningkatkan dan mengkonsumsi jenis makanan yang kaya antioksidan agar dapat menghalau radikal bebas dari tubuh

Makanan yang kaya antiokasidan seperti buah alpukat, tomat, wortel, brokoli dan kacang-kacangan agar saat sahur kulit tetap terhidrasi.

3. Pilih Makanan Yang Tepat

Pola makan yang tepat dapat melindungi kulit wajah saat berpuasa. Pastikan bahwa kamu telah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin A, B, dan C ke dalam makanan saat berbuka puasa dan sahur.

Karena dengan pola pilihan makanan yang tepat akan berpengaruh penting pada nutrisi kulit dan melindungi kulit sehingga akan tetap terjaga kelembapannya.

Namun, tetap batasi konsumsi makanan berminyak yang berlebihan, selain tidak bagus untuk kulit mengkonsumsi minyak berlebih saat berpuasa juga akan lebih mudah terserah penyakit pada tubuh.

4. Gunakan Moisturizer

Moisturizer atau pelembap merupakan salah satu penolong bagi kulit agar tetap lembap, sehat dan terawat. Termasuk pada saat berpuasa, kulit menjadi lebih mudah kering sehingga perlu menggunakan moisturizer.

Gunakan pelembap setelah mencuci muka dan sesuaikan moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit lalu gunakan secara rutin pada pagi dan malam hari agar kulit tetap lembab dan tidak akan terasa kering saat berpuasa, karena saat berpuasa kulit kita akan cenderung kering.

5. Jangan Lupakan Sunscreen, Tetap Re-apply sesuai SPF

Saat puasa kulit sangat rentan mengalami dehidrasi dan kering. Pada kondisi yang seperti ini akan sangat mudah menjadi lebih buruk ketika terkena paparan sinar matahari.

Jangan lupa untuk apply sunscreen dengan SPF minimal 30 maksimal 50, lalu oleskan pada kulit sebelum beraktivitas di luar ruangan atau di dalam rumah sekalipun.

Karena dengan menggunakan sunscreen tetap dapat menjaga kulit dari paparan sinar matahari dan mencegah penuaan dini.

Maka dari itu, untuk tetap perhatikan pemakaian sunscreen sebelum beraktivitas.

kelima poin diatas merupakan cara mengatasi kulit kering saat puasa yang mungkin sering kamu abaikan. Untuk itu, tetap menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan terawat.

Posting Komentar

0 Komentar