20 Beauty Community Indonesia dari Berbagai Brand yang bisa kamu Ikuti untuk Tingkatkan Skill & Upgrade Diri!

Konten [Tampil]
Dear beauties, Tahukah kamu dalam tiga tahun terakhir di Indonesia sedang marak beauty community yang berasal dari brand tertentu?

Meski beberapa beauty community sudah ada sejak lama. Namun tetap saja, banyak brand yang kini berlomba-lomba membuka wadah kepada para creator sebagai bentuk promosi produk mereka, serta memfasilitasi beberapa kegiatan guna menambah insight ke setiap membernya.

Hal ini menandakan bahwa tiap brand sudah melek media, menyadari the power of creator. Meskipun creator memiliki followers yang masih 1000an.

Pengertian Beauty Community

Beauty Community Adalah wadah berkumpulnya para member dari berbagai wilayah yang bertemu disuatu ruang  untuk mencapai satu tujuan bersama, mulai dari mengembangkan diri, saling support, sharing ilmu, dan banyak lainnya.

20 Beauty Community dari Berbagai Brand

Beauty Community Indonesia
Beauty Community Indonesia


1. Pure Mates NPURE @purematesnpure

Karena memiliki pengalaman bergabung di komunitas ini, tentu saja saya akan sharing sedikit sebagai puremates NPURE di Batch 1.

Pure mates merupakan nama sapaan untuk komunitas dari brand NPURE yang di bangun pada awal tahun 2022.

Sebelumnya, NPURE memiliki komunitas tersendiri dengan nama Pure Friends pada tahun 2021, namun lingkupnya cukup kecil karena berada di Jabodetabek saja.

Sehingga event-event offline yang dilakukan sangat mudah dijangkau oleh kalangan influencer dan juga creator.

Jadi, sebelum adanya pure mates, pure friends lebih dulu ada dan benefit yang didapat pun lebih istimewa.

Dalam setahun Puremates berdiri di tahun 2022, mereka aktif merekrut per-batch-nya. Sayangnya sejak tahun 2023 puremates sudah tidak seaktif dulu.

Meski kini sudah berbeda kebijakan, kamu tetap dapat bergabung dengan komunitas ini, dan jika beruntung kamu akan terpilih untuk me-review suatu produk mereka dan juga mengikuti kegiatan offline dan juga online.

Beberapa aktivitas semacam ini masih rutin kok dilakukan oleh pihak NPURE. Cukup rajin kepoin akun instagramnya atau grup whatsapp untuk tidak ketinggalan informasi penting dan menarik lainnya.

2. RUBI by Avoskin @rubicommunity

Rubi by Avoskin merupakan salah satu beauty community yang di dirikan oleh brand Avoskin pada tahun 2017 lalu.

Biasanya, Rubi aktif merekrut tiap enam bulan sekali atau satu tahun 2x perekrutan anggota community.

Hingga kini, Rubi masih aktif dan merekrut anggota baru disetiap tahunnya. Akan ada banyak misi yang bisa kita ikuti.

Bahkan, bukan hanya kegiatan online, Rubi juga turut aktif mengadakan kegiatan offline di berbagai kota.

Saya juga pernah berkesempatan untuk bergabung di dalamnya. Ada peluang serta kesempatan menarik untuk kamu yang fokus di komunitas ini dari awal hingga akhir. Dan kesempatan tersebut tidak akan datang untuk kedua kalinya.

Jadi, jika kamu saat ini sedang bergabung di Rubi Community, ikuti misi, tantangan, dan kegiatan lainnya ya!

3. Looke University @lookeuniversity

Lho, ini beauty community apa tempat kuliah sih?

Salah satu beauty community yang cukup bergengsi. Sebab, konsepnya unik dan sangat berbeda dari beauty community lainnya.

Sesuai dengan namanya, beacom ini juga memiliki panggilan kepada para pengurus di Looke University dipanggil dengan sebutan budos (ibu dosen) dan asdos (asisten dosen).

Setelah tamat, maka akan mendapatkan gelar atau melanjutkan S2.

Bagaimana? Benar-benar konsep yang sungguh menarik bukan?

Meski terlihat begitu unik, Looke juga sangat aktif memberikan kegiatan kepada para member, sebetulnya kegiatannya hampir mirip dengan Rubi, sama-sama banyak kegiatan.

Justru hal itulah yang membuat kita agar terus aktif dan meningkatkan kualitas diri dengan membuat konten.

Selain itu, kelas yang diberikan oleh Looke University biasanya menghadirkan kelas yang sesuai kita butuhkan atau kita cari. Dan yang pasti kelas tersebut mungkin jarang di bahas pada community lain.

4. TrueLovers Community @trueloversbytts

Truelovers merupakan beauty community asal brand True to Skin. Hingga kini, TrueLovers masih aktif merekrut para member.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, termasuk welcoming kit dengan hadiah menarik lainnya.

Sejauh ini, TrueLovers tidak ada kelas khusus untuk para member-nya, namun sering membagikan campaign disetiap bulannya.

Teruntuk kamu yang aktif ngonten dengan produk True to Skin, akan mendapatkan benefit khusus dari TrueLovers. Dan akan di umumkan pada bulan berikutnya.


5. Somethinc Town Community @somethinctown

Siapa sih yang tidak kenal dengan brand kecantikan yang satu ini? Ternyata juga punya komunitas kecantikannya juga, lho!

Ya, disebut dengan Somethinc Town.

Somethinc Town juga masih aktif merekrut para membernya, jadi jika kamu tertarik ingin bergabung bisa banget untuk intip-intip akun instagramnya.

Bergabung di Somethinc Town, ada baiknya jika kamu memiliki lebih dari 2 sosial media. Karena Somethinv Town banyak memberikan campaign di sosial media lainnya pula.

Somethinc Town juga aktif memberikan kelas di setiap bulannya. Yang menjadikan perbedaan, mereka memiliki cara tersendiri untuk membuat para member jadi aktif, akrab atau saling mengenal satu sama lain dengan mudah.

Somethinc Town juga sering mengadakan event offline, lho! Merupakan kabar baik nih untuk kamu yang tinggal di Jabodetabek. Sayangnya, sejauh ini event offline belum pernah di adakan di luar Sumatera.

Kamu yang aktif sebagai di komunitas ini juga akan mendapatkan benefit menarik pula. Jadi, pastikan kamu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan saat join di komunitas ini ya!

6. Improve With Implora @improvewithimplora

Btw, komunitas ini sudah pernah saya spill sebelumnya, jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai benefitnya, silakan mampir ke artikel berikut Implora Improve Medan.

Jika kalian mengenal produk Implora yang dikenal murah meriah tapi kualitas yang super bagus banget. Jangan lupa buat gabung di komunitasnya.

Caranya cukup pantengin akun instagram mereka, karena Improve With Implora biasanya akan di buka per daerah. Jadi, tungguin giliran di kota kalian ya!

Dari banyaknya beauty community yang saya ikuti, Improve With Implora merupakan community yang sama sekali tidak pelit produk, apalagi welcoming kit-nya.

Serunya, Implora juga aktif mengadakan kegiatan berupa kegiatan offline dan juga online. Rasanya rugi sih kalau kita tidak aktif di komunitas yang satu ini.

Selain kegiatannya yang aktif, benefitnya yang oke, para team Implora juga welcome banget, apalagi kalau kita ngobrol soal produk mereka.

7. #SASCFriends Community @sascfriends

SASC (Socially Aware Sexy Cosmetics) merupakan brand kosmetik lokal yang juga memiliki komunitas kecantikan untuk mengembangkan produknya melalui beauty creator yang berniat untuk bertumbuh dan berkembang.

SASC merupakan komunitas yang juga aktif melakukan banyak kegiatan mulai dari kegiatan offline seperti gathering, workshop, hadir di beberapa event kecantikan, dan masih banyak kegiatan offline lainnya.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat bergabung dengan #SASCFriends Community adalah :
  • Adanya diskon spesial untuk para member.
  • Birthday package.
  • Diutamakan untuk mencoba produk terbaru dari SASC.
  • Mendapatkan kesempatan untuk akses event seru SASC.
  • Kesempatan menarik menjadi entrepreneur dengan SPARK Program.
Bagaimana, benefit yang menarik bukan? Jadi, jangan sia-siakan kesempatan kamu saat join jadi member SASC ya, Putries.

8.  Girlboss Community @itsgirlbosscommunity

Girlboss Community adalah wadahnya para beauty enthusiast yang dihadirkan oleh brand OMG sebagai ruang untuk berkembang dan saling menginspirasi satu sama lain.

Benefit yang di dapat dari Girlboss Community juga termasuk mewah nih, apalagi dengan segala kegiatan yang dilakukan.

Kamu juga bisa intip sosial media mereka, dimana ada beragam aktivitas yang dilakukan. Jadi, tidak hanya dilakukan secara online saja. Tetapi juga dilakukan kegiatan offline.

Girlboss Comunity juga aktif di beberapa event, sehingga para beauty enthusiast dapat saling mengenal satu sama lain, membuat kreasi, saling support hingga aktivitas seru lainnya.

9. Wardah Youth Ambassador @wardahyouthambassador

Wardah Youth Ambassador merupakan komunitas yang di wadahi oleh brand WARDAH untuk bertemunya para remaja dan bergerak bersama untuk mencapai tujuan saling support dan berani bergerak menuju kebaikan yang lebih besar, khususnya pada bidang industri kecantikan dan fashion.

Jika kita melihat akun sosial media instagram mereka, sampai sekarang masih aktif dan melakukan banyak kegiatan secara offline. Ini merupakan salah satu benefit nyata untuk kreativitas bagi para member.

Benefit yang di dapat oleh Wardah Youth Ambassador juga sangat menarik, seperti menghadiri kegiatan offline, mendapatkan hampers bulanan, program pengembangan, bootcamp duta pemuda Wardah, marchandise duta pemuda Wardah, hadiah bulanan dan masih banyak lagi lainnya.

Sayangnya, untuk komunitas ini terbatas pada usia di kalangan tertentu.

Teruntuk kamu yang baru saja duduk di bangku perkuliahan, sedang berkuliah dan sama sekali belum tamat perkuliahan, jangan lupa buat daftar Wardah Youth Ambassador ini.

Kesempatan menarik banget untuk upgrade diri ke level lebih lanjut. Karena kegiatan dan benefitnya emang bikin cukup iri, hehe.

10. Hana Squad @hanasui_squad

Jika menurut kamu beauty community hanya di isi oleh para wanita, jawabannya tentu saja salah.

Hana Squad merupakan salah satu program dari brand Hanasui yang memberikan fasilitas atau ruang untuk berkembang kepada beauty enthusiast dengan menghilangkan beauty standart pada stigma masyarakat.

Menariknya, Hana Squad tidak hanya di isi oleh kaum hawa saja, tetapi Hana bro juga diperbolehkan untuk join.

Bergabung di Hana Squad juga mendapatkan kesempatan menarik untuk mencoba produk mereka secara percuma dan aktivitas-aktivitas yang dilakukan baik itu secara offline maupun online.

11. Skintention by Beauty Haul @skintentioncommunity

Skintention memiliki arti sebagai skincare with intention, di mana setiap orang yang menggunakan skincare secara intensi atau mencapai tujuannya masing- masing.

Skintention di dirikan oleh Beauty Haul, atau yang sering kita kenal juga sebagai kakak beradik dari komunitas Somethinc Town.

Komunitas ini dibuat untuk mengajak banyak orang agar lebih memahami cara pemakaian produk kecantikan dan skincare yang aman serta sesuai dengan kondisi kulit.

Dengan mengusung konsep holistik dalam edukasinya, mengajarkan bahwa menjaga kulit lebih dari sekadar penggunaan produk skincare.

Skintention juga bekerja sama dengan para ahli untuk membahas seputar gaya hidup, nutrisi, bahkan hingga kesehatan mental.

Para member di Skintention juga akan mendapatkan keuntungan lainnya, mulai dari monthly beauty box, welcoming kit, akses utama disetiap campaign dan event, tiket eksklusif di berbagai acara untuk kolaborasi dengan brand, personal skincare mentorship, hingga banyak keuntungan lainnya.

Untuk join di komunitas ini emang cukup sulit ya, di batasin hanya untuk beberapa puluh orang saja, agar semua member yang join benar-benar aktif. Jadi, mulai dari sekarang harus rajin untuk buat konten nih.

12. Skin Game's Warrior @skingamewarrior

Skin Game merupakan salah satu brand kecantikan yang menghadirkan sebuah komunitas kecantikan dengan nama Skin Game Warrior.

Di komunitas ini, tidak terlalu banyak merekrut member.

Karena Skin Game lebih mengutamakan beauty enthusiast yang memiliki value dan mampu untuk berkomitmen mulai dari komunikasi yang aktif serta kontribusinya terhadap komunitas ini, sehingga akan memajukan komunitas dan relasi yang cukup baik.

Meski begitu, akan da banyak keuntungan yang di dapat saat kamu bergabung menjadi Skin Game's Warrior, yakni:
  • Exclusive welcoming kit.
  • Mendapatkan produk gratis.
  • Kelas privat.
  • Undangan menghadiri sebuah event.
  • Dan networking sesama member.

13. Elshesquad by Elsheskin @Elshesquad

Dapat produk gratis tiap bulan? Siapa sih yang gak mau?

Elshesquad merupakan sebutan dari komunitas kecantikan dari brand Elsheskin. 

Sejauh ini, Elshesquad tidak memiliki kelas offline ataupun online. Meski dulu sempat pernah aktif pada kegiatan offline ya!

Namun sekarang hanya memberikan kegiatan kepada para membernya untuk me-review produk mereka secara percuma di tiap bulannya.

Biasanya para team akan membagikan beberapa produknya, dan memberikan kesempatan kepada kita untuk mengulas produknya di sosial media instagram dan juga tiktok.

Peluang kesempatan untuk dapat mengulas produk juga sangat tinggi banget, tentu saja akan bertarung dengan ribuan member lainnya.

Apalagi, produk dari Elsheskin juga dikenal sangat bagus dan cocok dipakai untuk jenis kulit yang sensitif.

Akun instagram mereka memang terlihat tidak begitu aktif, karena untuk komunitas ini hanya aktif di platform telegram saja.

14. BeYOUtyGang @youcommunity_gang

BeYOUtyGang adalah nama komunitas kecantikan dari brand YOU yang menyediakan produk skincare dan juga make up.

Komunitas ini aktif di grup telegram dengan berbagai kegiatan seperti kegiatan offline dan juga online. Sejauh ini sudah ada 8000+ member BeYOUTy Gang yang bergabung.

Benefit yang di dapat bisanya berupa tawaran produk, baik itu skincare maupun make up YOU Beauty, selain itu juga ada akses kelas online, gathering, undangan event, hingga undangan visit.

Jika tertarik untuk bergabung dengan #BeYOUtyGang lainnya, kamu bisa klik link instagram @youcommunity_gang, dan kamu akan masuk ke grup telegram utama.

15. #BNBae Barenbliss

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Barenbliss, merupakan produk luar yang berasal dari Korea Selatan, tidak heran jika produk - produk Barenbliss sangat digemari oleh para wanita Indonesia.

Hampir sama dengan beauty community yang sebelumnya, #BNBae juga memiliki ruang diskusi lewat aplikasi telegram yang memiliki 1200+ member.

Benefit yang ada pada komunitas ini secara keseluruhan hampir sama dengan yang lainnya, seperti free produk, gathering, hingga akses kelas dan visit event.

16. Dear Me Beauty @dearmebeauty

Mungkin saat ini komunitas Dear Me Beauty terlihat tidak begitu aktif. Tapi percayalah bahwa pada tahun 2022, komunitas ini salah satu yang sulit untuk dimasuki.

Karena ada kriteria khusus yang mereka cari. Tentu saja berdasarkan isi konten yang kita upload di sosial media.

Dear Me Beauty memiliki dua tipe khusus yang bisa kita pilih, yakni ada pilihan skincare dan juga make up.

Jika lolos, maka akan bergabung ke grup whatsapp. Namun kini semua sudah beralih ke grup telegram. Mungkin karena akses dan jangkauannya lebih luas.

Sejauh ini, sudah lama tidak ada informasi seputar komunitas ini di instagram mereka. Namun masih aktif mengadakan challenge dan kegiatan lainnya lewat grup telegram.

Jika merasa tertarik ingin bergabung, kamu bisa klik link di bio Dear Me Beauty, lalu scrool hingga ke bawah, lalu kamu akan menemukan link join untuk bergabung sebagai member #DearMeBeauty .

17. Solcare Babes @solcarebabes

Solcare Babes adalah komunitas yang diciptakan oleh brand Solcare.

Menariknya, untuk join di komunitas ini tidak ada batasan gender, bahkan tidak ada minimal followers, poin utamanya adalah cukup antusias review skincare dan aktif di komunitas lainnya.

Hingga kini, Solcare Babes masih aktif merekrut para member, hanya cukup pantengin akun instagram mereka untuk menantikan open member selanjutnya.

18. Vincy Team @Vincyglowofficial

Sepertinya Vincy Team sudah lama tidak hadir lagi, padahal produknya sebagus itu!

Vincy Glow merupakan brand kecantikan lokal yang menghadirkan skincare terbaik dan cocok untuk jenis kulit Indonesia.

Dan Vincy Team adalah sebutan dari komunitas Vincy Glow. Sejauh ini benefit yang ada hanya review produk saja, tidak ada kelas atau benefit lainnya.

19. Helwa Squad @helwa_squad

Helwa Squad adalah wadah komunikasi antar helwa dengan pengikut setia helwa yang sudah support produk helwa selama ini.

Dengan adanya komunitas, Helaw juga memiliki harapan besar agar dapat bertumbuh bersama Helwa Squad dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Oh iya, helwa ini hampir sama dengan komunitas Looke dan juga Rubi, karena hanya aktif di beberapa bulan saja, selebihnya akan di buka ke batch selanjutnya.

Adapun benefit menarik dari Helwa adalah produk gratis tiap bulannya, gratis ikut event Helwa, webinar dan kelas online, hingga gift spesial beserta doorprize.

Team dari Helwa juga pendengar yang baik, apa keluhan kita di komunitas mereka mampu mendengar. Jadi, Helwa itu bukan cuma sekadar wadah yang menampung para beauty enthusiast tapi juga mendengar keluhan lalu diberikan yang terbaik.

20. Emina Cosmetics Community @eminagirlgangambassador

EGGA merupakan singkatan dari Emina Girl Gang Ambassador merupakan sebuah komunitas dari Emina Cosmetics yang telah hadir sejak tahun 2017 lalu.

Untuk bergabung di EGGA tentu saja memiliki syarat dan ketentuan khusus, seperti perempuan berusia 15-21 tahun yang memiliki kemampuan public speaking yang baik dan tertarik pada event-event, serta aktif dan berani untuk berkomitmen.

Bahkan untuk bergabung dengan komunitas ini juga memiliki tahapan seleksi lagi, lho!

Meski begitu, benefit bergabung di EGGA juga cukup menarik, bahkan komunitas ini juga cukup aktif melakukan pertemuan secara offline, seperti pada akun instagram mereka yang memiliki banyak keseruan acara di tiap event-nya. 



Dari banyaknya beauty community Indonesia yang terbentuk dari sebuah brand, komunitas kecantikan mana saja yang pernah kamu ikuti?

Kamu bisa tuliskan di kolom komentar mengenai beauty community tersebut, saling berbagi informasi untuk mendapatkan informasi kegiatan dan aktivitas yang sering dilakukan pada komunitas tersebut.

Tapi, jika kamu adalah seorang pemula, betulkan niat untuk belajar menjadi seorang content creator, ambil kesempatan dan ikuti aktivitas yang ada untuk meningkatkan kualitas diri.

Anggaplah produk gratis itu sebagai reward untuk kamu yang ingin memulai ngonten.

Jangan langsung puas, karena dengan aktif di beauty community juga dapat membuat batu loncatan untuk kamu jika kamu benar-benar serius.

Posting Komentar

0 Komentar