Cari Aktivitas Lewat Komunitas Kecantikan? Berikut Pengalaman Gabung di Beauty Community Indonesia

Beauty Creator Medan, Female Daily
Beauty Creator Medan, Female Daily

Berbicara tentang komunitas kecantikan atau sering disebut dengan beauty community memang sangat menarik.

Jika kemarin aku sempat menuliskan keseruan event gathering dari salah satu beauty community dari suatu brand, yaitu Implora, dan kalian bisa banget baca artikelnya disini.

Kali ini aku juga tertarik ingin bercerita perjalanan aku mulai dari blogger hingga merambat menjadi seorang beauty creator yang aktif di instagram serta tiktok.

Dalam benak ku hingga saat ini, tentu saja tidak pernah terpikir bahwa aku bisa melangkah ke ranah ini. Komunitas kecantikan menjadi ramai di gandrungi pada beauty enthusiast mulai saat pandemi tiba.

Awal Mula Gabung di Beauty Community


Mungkin sebelumnya aku sudah pernah bercerita lewat blog pohonketelamenulis.com yang sebelumnya ingin mengisi artikel pada blog tersebut dengan memulai mengulas suatu produk.

Penawaran kerja sama dengan blog pohonketelamenulis.com
Penawaran kerja sama untuk pertama kali

Hingga akhirnya di awal 2021 aku mendapatkan penawaran kerja sama, dan itu adalah kali pertama aku memulai konten yang di bayar.

Hemm, sebetulnya ini kerja sama di blog, tapi aku tertarik untuk upload ke instagram juga, karena menurut aku gambarnya lumayan dan sekaligus untuk isi konten di instagram juga kan.

Pertama kali ikut try & review dengan Fabil Natural
Pertama kali ikut try & review dengan Fabil Natural

Seiring berjalannya waktu, di akhir tahun 2021 aku mendaftarkan diri lewat activity try and review yang di adakan oleh brand Fabil Natural.

try and review ini adalah kesempatan baik untuk kalian yang ingin terjun sebagai beauty enthusiast, menjadikannya sebagai pengalaman dan menambahnya untuk portofolio kamu, jika ternyata menarik, bisa saja jadi kesempatan baik mendapatkan tawaran kerja sama dari brand secara langsung.

Setelah mencoba try and review, dari situ mulailah ada banyak ranah atau wadah yang membuka peluang sebagai beauty creator, seperti Puremates by NPURE, Beauty Journal, serta Clozette.

Ke-tiga komunitas di atas adalah komunitas pertama kali yang aku ikuti dan membuat aku terjun di dunia creator sebelum aku bergabung dengan komunitas kecantikan lainnya di tahun 2022.

Dan dapat dikatakan aku aktif membuat konten kecantikan mulai dari tahun 2022 dan mengikuti banyak beauty community yang ada hingga saat ini.

Bahkan di tahun 2022 itu pun aku mulai merasakan benefit yang jauh dari pikiran ku sebelumnya, seperti mendapatkan produk secara percuma.

Dari banyaknya penawaran kerja sama, di tahun 2022 aku hanya mendapatkan pembayaran 30%  untuk kerjasama, sisanya kerja sama yang aku lakukan sama sekali tidak berbayar, itu pun aku lakukan untuk mengumpulkan portofolio.

Jadi, aku mengambil banyak produk karena beberapa alasan, yang pertama untuk meningkatkan skill atau kemampuan pengambilan gambar hingga tahap editing. Walaupun belum bagus-bagus banget dengan pemakaian tools yang seadanya.

Bahkan di tahun 2022 untuk pertama kalinya aku mendapatkan job visit di beberapa tempat termasuk bertemu dengan komunitas kecantikan yang di adakan oleh beberapa brand.

Dan di tahun 2023, atas konsistennya aku dalam membuat konten benefit yang aku rasakan malah berkali lipat benefit yang aku rasakan.

Eits, akun sosial media yang aku punya belum berpuluh ribuan pengikut. Tapi tujuan aku menuliskan ini hanya untuk sharing bahwa dengan mengikuti beauty community ada dampak baiknya loh untuk meningkatkan kualitas atau mem-branding diri.

Bahkan bisa jadi tambahan sebagai portofolio saat kamu mendaftarkan pekerjaan.

Selanjutnya, aku tertarik menuliskan ragam aktivitas yang sering di adakan di komuitas kecantikan.

Ragam Aktivitas di Beauty Community

1. Visit / Gatehring / Job

Implora Improve Gathering Medan
Implora Improve Gathering Medan

Pada acara tertentu, biasanya para member akan di undang untuk meramaikan acara lewat undangan visit yang diadakan oleh suatu brand maupun komunitas.

Member dari beauty community tertentu akan menjadi prioritas utama untuk dapat menghadiri activity yang di adakan.

2. Review Produk

Review Produk dari NPURE
Review produk dari brand NPURE

Yang menjadi bagian utama adalah review produk dari brand, karena dengan adanya komunitas kecantikan yang dibuat oleh brand, dapat membantu ranah promosi yang dilakukan secara percuma tanpa mengeluarkan biaya, namun hanya mengirimkan produk saja.

Dari beberapa brand juga memberikan challange kepada para member yang memiliki konten paling menarik, biasanya akan mendapatkan benefit. 

3. Akses Kelas

Somethinctown merupakan beauty community dari brand Somethinc
Somethinctown merupakan beauty community dari brand Somethinc

Biasanya beauty community akan mengadakan beberapa kegiatan. salah satu diantaranya adalah membuat kelas, dengan tujuan meningkatkan kemampuan serta kualitas diri dari para member.

Kelas yang diadakan beberapa diantaranya diadakan secara offline dan juga online, dan banyak ragam yang akan di bahas mulai dari kelas kecantikan, content creator, digital marketing atau pemasaran, tools, dan banyak kelas lainnya yang bisa di dapatkan secara percuma dengan akses VIP.

Manfaat Gabung di Komunitas Kecantikan

Bagi aku, gabung di komunitas itu banyak banget manfaatnya, sebetulnya hampir sama ya dengan benefit yang kita dapatkan.

Tapi menurut ku, sejak terjun di beauty community untuk aku yang berkegiatan, beraktivitas, hingga kerja dari rumah, dan dengan bergabung di beauty community merupakan wadah yang tepat serta sebagai penolong untuk kita.

Karena, meskipun kita cuma di rumah saja, kita bisa dapat teman baru, ilmu baru, bahkan bisa menambah insight serta kualitas diri yang bisa kita upgrade.

Untuk kalian yang ingin memulai sebagai beauty creator, beauty enthusiast, atau sebutan beauty lainnya dan ingin terjun di bidang tersebut, kalian bisa mulai dari review produk yang kalian punya lalu coba upload ke sosial media.

Selanjutnya, cobalah untuk ikut activity yang di adakan oleh suatu brand atau suatu komunitas. Seperti try and review, give away, produk gratis, atau ikut beauty community yang di adakan suatu brand.

Posting Komentar

0 Komentar