6 Perlengkapan Softlens Yang Wajib Pemula Punya!

6 Perlengkapan Softlens Untuk Pemula
6 Perlengkapan Softlens Untuk Pemula

Perlengkapan softlens sering kali di abaikan oleh para pemula, karena ketidaktahuan mereka akan kebersihan dari softlens. Padahal perlengkapan softlens begitu sangat butuh dan perlu untuk menjaga kualitas lensa agar tetap aman dan nyaman ketika digunakan.

Pemakaian softlens emang wajib banget dijaga sedemikian rupa, sebab ini berkaitan dengan indra penglihatan. Jika salah, maka ada resiko yang harus ditanggung.

Untuk menjaga mata agar tetap aman, pastikan kamu telah memiliki perlengkapan softlens agar softlens yang dipakai ke mata tetap nyaman digunakan dan terhindar dari bakteri.

6 Perlengkapan Softlens yang Wajib Dipunya

Kini pemula tak perlu lagi pusing, karena iaputri.id telah menyediakan artikel 6 perlengkapan softlens yang wajib dipunya oleh pemula. Beberapa alat yang diperlukan, sebagai berikut:

1. Softlens

Softlens
Softlens dan aplikator

Perlengkapan utama yang dibutuhkan adalah softlens. Bagaimana ada perlengkapan lainnya, jika kamu tidak memiliki softlens.

Kehadiran soflens bukan hanya sekadar mempercantik mata saja, tapi juga memberikan manfaat untuk yang memiliki mata minus, namun enggan menggunakan kaca mata.

Dengan bentuk dan warna yang beragam, softlens juga memiliki warna bening dan polos. Pada penggunaan softlens pastikan kamu telah memilih kadar air dan diameter yang tepat, agar nyaman saat dipakai.

2. Softlens Tools

Softlens Tools
Softlens Tools yang wajib dimiliki si pemula

Softlens tools adalah perlengkapan softlens yang wajib dan dibutuhkan banget, lho. Dengan adanya softlens tools dapat membantu kita jadi lebih mempermudah dan kenyamanan dalam pemakaian softlens.

Kini sudah tersedia versi lengkap, mulai dari tempat softlens, penjepit atau penglepas softlens, cermin dan alat pemasang softlens.

Kehadiran aplikator softlens ini benar - benar membantu untuk mengurangi kotoran, iritasim debu yang lengket pada tangan, dan mempermudah kita dalam pemasangan softlens ke area mata.

Aplikator softlens ini biasanya dijual dalam satu paket dengan kemasan yang unik dan berbeda. Harga yang bisa kamu dapatkan mulai dari 1000 rupiah hingga 40ribuan tergantung jenisnya pula.

Pencapit Softlens gunanya untuk mengambil softlens yang ada dalam kemasan atau wadah soflens untuk diletakkan ke alat pemasang softlens. Pencapit softlens juga membantu untuk mencopot softlens yang ada di mata.

Alat Pemasang Softlens membantu memasangkan softlens ke area mata, menggeser lensa ke area mata untuk mendapatkan posisi yang tepat. Tanpa perlu bantuan dari jari kita lagi. Sehingga mempermudah tanpa takut ada bakteri yang menempel.

3. Tempat Softlens

wadah softlens yang wajib dipunya
Wadah Softlens

Dear pemula, jika kamu membeli softlens jangan lupa untuk membeli wadah softlens-nya juga ya. Jangan malah di tempatkan pada kemasan awal softlens. Karena jika kamu melakukan itu maka akan membahayakan mata kamu.

Tempat softlens ini juga mempermudah kita saat dibawa bepergian, karena tempatnya yang travel friendly, apalagi dengan beraneka macam kemasan yang unik dan lucu - lucu.

Tapi, tempat softlens juga sangat perlu diganti, lho! Karena wadah softlens pasti akan selalu basah dan lembab, sehingga dapat memicu adanya perkembangan bakteri dengan cepat. Selain mengganti cairannya, wadah softlens juga harus diganti selama 3 bulan sekali, meskipun kamu rajin untuk membersihkannya.

Oh iya, pada saat membersihkan atau mencuci tempat softlens, pastikan wadahnya sudah dalam keadaan kering sebelum diisi dengan cairan solution yang baru.

Catatan penting memakai tempat softlens untuk pemula sebelum softlens di letakkan ke wadah, pastikan kamu sudah membersihkan case softlens terlebih dahulu, untuk meminimalisir adanya bakteri yang menempel.

4. Cairan Softlens

Cairan Softlens
Cairan Softlens / Water Solution

Ada banyak macam water solution yang tersedia dari beragam brand, secara menyeluruh memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membersihkan dan merendam softlens didalam tempat softlens. Namun dari setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing.

Cairan softlens digunakan untuk merendam softlens, mencuci softlens, dan membilas softlens. Cairan softlens juga dapat membunuh bakteri dan kuman, membersihkan lapisan protein, lemak dan kotoran yang menempel pada permukaan softlens.

Pada cairan softlens juga terdapat PH yang telah disesuaikan untuk memberikan kenyamanan saat memakai lensa. Cairan softlens juga tersedia untuk yang memiliki mata sensitif.

Makanya kenapa pada tempat lensa diberi cairan softlens karena berfungsi untuk menjaga kelembapan lensa kontak yang dapat mencegah kekeringan pada mata.

Btw, cairan softlens tentu berbeda dengan obat tetes mata khusus softlens ya.

5. Tetes Mata Softlens

Obat tetes mata softlens
Tetes Mata untuk Softlens

Tetes mata berfungsi untuk mengatasi mata kering saat penggunaan softlens dan menjaga kelembaban mata lebih lama untuk menghindari kekeringan atau rasa tidak nyaman saat menggunakan softlens. Dalam penggunaan softlens pastikan menggunakan obat tetes mata khusus softlens

Jika kamu mengalami kondisi mata merah saat menggunakan softlens jangan terus menerus diberi tetes mata lebih baik untuk melepas softlens dan mencegah timbulnya infeksi pada mata.

6. Pencuci Softlens

Alat Pencuci Softlens
Alat Pencuci Softlens
 
Ada banyak alat pencuci softlens yang tersebat di market place ternyata cukup bermanfaat untuk kebersihan softlens. Alat pencuci softlens cukup membantu untuk membersihkan softlens dan mengangkat kotoran secara menyeluruh.

Cara penggunaan dari alat pencuci softlens ini juga tergolong cukup mudah, sangat efektif untuk mengangkat kotoran debu yang menempel pada lensa kontak. Jika kamu sudah memiliki alat pencuci softlens, dan masih bingung cara penggunaannya, kamu dapat melakukan caranya dibawah ini.

Cara menggunakan pencuci sofltens :
  1. Masukkan softlens ke dua sisi pembersih.
  2. Tutup alat pembersih softlens.
  3. Masukkan cairan softlens, lalu sebagai step terakhir putar pada bagian atas atau bagian tutup.
Semua peralatan softlens yang dibutuhkan, harganya cukup ramah di kantong kok! Kamu hanya membutuhkan biaya kurang lebih sekitar 100ribuan saja untuk mendapatkan semua peralatan softlens.

Dari semua peralatan softlens diatas, apakah kamu sudah memiliki semuanya? Jika belum, ada baiknya kamu sudah siap sedia beberapa peralatan tersebut untuk menjaga kualitas softlens agar tetap dalam kondisi yang baik dan terhindar dari bahaya bakteri.

Posting Komentar

0 Komentar