Alasan Kenapa Penting Menggunakan Sunscreen Wajah

Penting Menggunakan sunscreen
Alasan, kenapa penting pakai sunscreen?

Hai Putries, Perawatan kulit wajah harus dilakukan dengan cara yang maksimal, Salah satunya tidak lupa untuk re-apply sunscreen.

Putries paham kah pentingnya memakai Sunscreen wajah? Jika belum, silakan simak tulisan ini sampai akhir ya.

4 Siklus Basic Pengguna Skincare

Yang harus putries ketahui, ternyata ada empat siklus paling Basic loh, yaitu :
C : Cleansing, T : Toning, M : Moisturizing, P : Protecting.

  1. Cleansing = celansing atau pembersih wajah, anda bisa menggunakan gel cleanser, facial wash, dan banyak pencuci muka merk lainnya. Dan celansing ini adalah tahap awal yang harus dulu di perhatikan, untuk memastikan bahwa wajah anda sudah bersih dan bebas drai make up atau debu.
  2. Toning = Toning atau toner adalah step kedua yang harus di perhatikan oleh para Putries, Toner juga dapat membantu untuk membersihkan wajah atau membantu untuk mengangkat kotoran di wajah yang sempat tertinggal, Toner ini juga dapat mengatasi untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah.
  3. Moisturizing = Memakai mositurizer sebagai tahap ke tiga, ini berguna untuk menjaga kulit agar tetap lembab.
  4. Protecting = Sebagai tahap akhir yang sering di abaikan namun paling penting. Memberikan perlindungan kulit dengan memakai sunscreen agar skin barrier tetap terlindungi dan aman.
Jika anda hanya melakukan ke tiga siklus di atas, tetapi tidak melakukan tahap akhir yaitu protecting maka semua akan terasa percuma.

  • UVA : Dapat membuat kulit terlihat lebih tua dan wajah menjadi keriput
  • UVB : Bikin wajah kusam atau skin burn.

Bukan berarti bahwa sinar matahari tidak bagus. Sinar matahari tentu saja bagus untuk kulit. Melainkan ada di waktu tertentu dimana saat matahari muncul di atas, di situlah kulit merasa tidak aman dan akan mengakibatkan kerusakan pada kulit.

Pemilihan SPF

Jika kita sering memperhatikan disetiap kemasan sunscreen, maka terdapat tulisan SPF, lalu apa itu SPF?
SPF merupakan Standar Perlindungan dari Sunscreen. Semakin tinggi SPF maka semakin baik pula perlindungannya
  • SPF 15 melindungi kulit dari 93% paparan sinar UVB
  • SPF 30 melindungi kulit dari 97% paparan sinar UVB
  • SPF 50 melindungi kulit dari 98% paparan sinar UVB
Produk yang mengandung SPF 15 akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 15 = 150 menit atau 2,5 jam.
Produk yang mengandung SPF 25 akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 25 = 250 menit atau 4 jam.
Produk yang mengandung SPF 30 akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 30 = 300 menit atau 5 jam.
Produk yang mengandung SPF 50 akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam.

Berapapun kandungan SPF sunscreen yang anda miliki, semuanya tetap bisa di pakai, yang membedakan adalah cara pemakaian atau re-apply secara terus menerus.

Namun, jika anda mager banget untuk re-apply sunscreen, tetap usahakan minimal pemakaian sunscreen satu kali sehari. Guna untuk menjaga perlindungan kulit.

Pakai Sunscreen di Dalam dan Luar Ruangan

Sunscreen dibutuhkan dan di pakai bukan hanya di luar ruangan saja loh. Meski berada di dalam ruangan harus tetap untuk re-apply sunscreen.

Walau kulit tidak terkena paparan sinar matahari, namun jika berada dalam ruangan mungkin akan terkena paparan sinar dari ponsel atau laptop, biasa disebut dengan paparan sinar radiasi. Hal ini yang dapat merusak kulit wajah, dapat membuat kulit kusam kadang juga berkeriput.

Ada juga loh banyak orang yang sudah membeli skincare, tapi sering merasa belum ada perubahan.

Kok bisa ya? Apa putries begitu juga?

Jawaban yang lebih tepat untuk menjawab sebuah pertanyaan di atas adalah letak kesalahan bukan pada skincare-nya, tapi karena anda tidak memakai sunscreen.

Karena terasa percuma, jika sebanyak apapun anda memakai skincare, dari yang termurah sampai yang termahal sekalipun, namun jika tidak menggunakan sunscreen, Percayalah, bahwa anda hanya membuang - buang duit dan waktu anda saja.

Semua juga akan terasa percuma jika anda sudah memakai skincare lainnya, bekerja di luar ruangan, terkena paparan sinar matahari dan anda tidak memakai sunscreen. Anda tidak memastikan protection pada kulit anda sendiri.

Sunscreen Dapat di Pakai oleh Ibu Hamil

Ada dua jenis sunscreen, yaitu phisical sunscreen dan chemical sunscreen. Namun hanya satu jenis yang bisa di pakai oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Sunscreen juga dapat di pakai oleh ibu hamil. Sunscreen bekerja melapisi kulit di permukaan luar, physical sunscreen cocok di pakai untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Asal pada sunscreen itu memiliki kandungan Zinc Oxide dan Titanium Dioxide.

Untuk sunscreen yang Chemical bukan bekerja hanya di permukaan kulit saja, Jika yang Chemical sunscreen ia akan meresap ke bagian epidermis.

Sinar matahari yang masuk akan di disperse atau di hilangkan oleh sunscreen tersebut. dan tidak akan menyebabkan kerusakan pada baguan dermis kulit.

Chemical Sunscreen ini kurang cocok digunakan untuk ibu hamil atau ibu menyusui.

Kekurangan menggunakan sunscreen

Mungkin kita sering bertanya apa saja sih kekurangan memakai sunscreen? Salah satu yang menjadi faktor penyebab kekurangan memakai sunscreen adalah kulit terasa lebih mengkilap setelah memakai sunscreen.

Mungkin hal tersebut dapat mengganggu, seakan kulit terlihat berminyak atau glowing parah. Namun hal itu tentu saja bisa di atasi.

Posting Komentar

0 Komentar